Akhir pekan atau weekend adalah saat yang dinanti oleh semua orang. Selain untuk melepaskan diri dari penatnya rutinitas selama seminggu penuh, weekend biasanya juga digunakan sebagai sarana untuk family time dengan keluarga tercinta. Kita berusaha menciptakan weekend produktif.

Apa saja yang dilakukan saat weekend tiba ?

Hmm … sudah pasti banyak, ya. Ada yang pergi piknik, shopping ke mall, nonton bioskop dan lain sebagainya. Tapi, apa pun pilihannya, menghabiskan weekend di luar rumah pastinya memerlukan biaya yang terkadang jumlahnya tidak sedikit.

Belum lagi dengan energi yang terkuras. Makanya setiap kali Senin tiba, bawaanya pasti bad mood, deh.

Lha, trus gimana dong. Masa iya weekend di rumah aja, bosan bangetlah !

Ada yang berpendapat seperti itu ?

Tenang, jangan sewot dulu, ya. Dulu saya pun begitu. Pas weekend bawaannya pasti galau, apa lagi kalau lagi tidak punya uang. Bawaannya pasti deh uring-uringan.

Tapi sebenarnya bisa banget lho menjadikan weekend produktif tanpa harus keluar rumah. Pastinya lebih hemat juga, kan ?

Asal mau kreatif, weekend pasti bisa produktif.

Kreasi dari Baju Bekas

Weekend Produktif

Mumpung weekend nggak ke mana-mana alias di rumah aja, yuk jadikan weekend produktif dengan membuat kreasi dari baju bekas. Mengapa harus baju bekas ?

Karena di dalam lemari-lemari kita pastinya ada banyak pakaian bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Ada yang karena lusuh, kekecilan, atau koyak di sana-sini. Kalau kondisinya masih bagus, bisa disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Tapi untuk pakaian yang kondisinya sudah tidak layak pakai lagi, apa iya masih disumbangkan juga ? Tidak, dong, ya.

Nah, baju-baju bekas yang sudah tidak layak pakai lagi ini bisa banget dijadikan sesuatu yang lebih bermanfaat dari sekedar jadi kain lap, lho.

Apa saja itu ?

Yuk, check this out, yah.

  1. Lunch Bag

Dari baju bekas berbahan kaos, di dalamnya diberi lapisan busa, kemudian dijahit jadilah sebuah tas untuk membawa bekal. Cocok untuk dibawa ke kantor, sekolah, olah raga atau bahkan untuk piknik bersama keluarga. Karena ada lapisan busa di dalamnya, maka bisa dijamin, makanan tetap hangat saat dibuka.

Weekend Produktif

  1. Kitchen Glove

Salah satu benda dapur yang keberadaannya sangat penting adalah sarung tangan dapur, yang berguna untuk melindungi tangan dari wajan atau pun periuk yang panas. Dari pada menggunakan kain biasa yang di lipat-lipat, sarung tangan dapur ini jelas lebih praktis dan pastinya juga aman di tangan. Dibuat dari baju tidur bekas, yang di dalamnya juga diberi lapisan busa.

  1. Ambal serbaguna

Sering beraktivitas di lantai ? Hati-hati, ya, jangan sampai lupa untuk menggunakan alas duduk, agar terhindar dari masuk angin. Nah, salah satu kreasi dari baju bekas yang saya buat kali ini adalah ambal serba guna. Bisa digunakan untuk alas duduk, atau juga bisa digunakan untuk alas tidur saat tidur di luar kamar. Cara membuatnya pun cukup mudah. Dengan menggunting baju bekas berbentuk persegi panjang, kemudian diberi busa, dijahit kemudian dianyam. Jadilah ambal serba guna.

Weekend Produktif

  1. Rok untuk si kecil

Selain benda-benda tersebut di atas, baju bekas juga bisa dialih fungsikan menjadi pakaian untuk anggota keluarga yang lain. Seperti yang ada pada gambar berikut ini, berasal dari gaun saya yang sudah sangat kekecilan, dan juga ada bagian yang bolong kena setrikaan. Karena bahannya masih sangat bagus, maka dirombak menjadi rok untuk si kecil. Tetap bisa bermanfaat, kan ?

  1. Aksesoris

Sisa-sisa kreasi di atas pastinya ada, kan ? Jangan langsung dibuang, ya. Masih bisa dimanfaatkan kok untuk membuat benda bermanfaat lainnya. Contohnya kalung berikut ini. Cara membuatnya pun mudah, hanya dengan menggunakan glue gun, benang emas, trus manik-manik sisa jadilah aksesoris kalung. Lumayan kan, untuk menghemat pengeluaran.

Demikian kreasi dari baju bekas versi saya.

No money no happy ? Hohoho … siapa bilang ?

Cobain, deh. Do it your self, ya.

Yuk, rasakan sensasi serunya berkreasi dengan baju bekas untuk weekend yang lebih produktif.

***

Weekend Produktif dengan Kreasi Baju Bekas ini merupakan post trigger #KEBloggingCollab dari kelompok Raissa yang ditulis oleh Merida Merry.Β 

Merida atau akrab dipanggil Mei Mei, pengelola blogΒ http://www.meirida.my.id, ibu satu anak yang menyukai K-Drama.