Pernah merasa diet selalu gagal? Padahal sudah sungguh – sungguh niat dalam hati untuk diet?

Kalau merasa pernah, tenang Emak tidak sendiri. Karena saya pun sering sekali merasa gagal dalam diet, gagal lagi, gagal lagi, begitulah sampai saya capek sendiri. Dan akhirnya saya menyenangkan hati sendiri “gapapa lah gendut yang penting sehat” , tapi seminggu kemudian pengen diet lagi.

Kenapa ya diet selalu gagal terus?

Diet, gagal.

Diet, gagal.

Banyak sih alasan kenapa diet saya gagal dan gagal terus, ya selain saya memang selalu gampang menyerah, saya pun suka kurang taat dalam mengikuti aturan dunia diet per diet an. Seharusnya diet yang baik dan benar tanpa kegagalan itu dibarengi dengan asupan makanan yang bernutrisi dan gizi yang baik. Plus olahraga!

Diet hari pertama biasanya suka lemes, letih dan lesu karena mungkin sumber makanan yang saya konsumsi itu belum baik nutrisinya, nah karena hari pertama saya mengalami lemes dan letih makanya suka gampang putus asa. Setelah kegagalan diet yang berulang kali, akhirnya saya menelaah beberapa alasan kenapa diet saya selalu mengalami kegagalan yang terus menerus, diantaranya adalah :

  • Olahraga dan Pola Makan

Diet selalu gagal itu karena kurang kesesuaian antara olahraga dan pola makan. Olahraga berlebihan sedangkan makanan dikurangi, lemes deh. Diet bukan enggak makan, diet bukan minum pelangsing dan berharap dalam seminggu kurus, bukan seperti itu.

Diet Selalu Gagal

Diet harus direncanakan dengan matang dan jangan lupa rencanakan juga olahraga yang cocok dan sesuai dengan kapasitas tenaga kita. Tujuan utama diet adalah menurunkan berat badan alias langsung, jadi fokuskanlah pada tujuan dan kesehatan.

Gagal diet karena tidak makan nasi, lapar apalagi kalau liat sambal dan ikan asin, sudah dipastikan diet saya gagal total. Diet itu kan biasanya banyak melarang makanan ini dan itu, dan kadang makanan yang penting untuk asupan nutrisi tubuh juga dilarangnya, singkatnya sih harus mengubah pola makan dan jujur saya susah melakukannya. Rencana diet tinggallah kenangan karena pengecualian makanan ini, ini juga bisa menyebabkan diet gagal karena akan sulit melakukannya.

Diet Selalu Gagal

 

  • Cepat Menyerah

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, saya itu cepat menyerah ketika diet. Terlalu cepat menyerah adalah kunci kegagalan diet, ya kalau selalu cepat menyerah ga akan deh sukses dietnya.

  • Tidak konsisten

Diet berlangsung sebulan, dua bulan dan tiga bulan, sukses menurunkan 3kg. Oke udah seneng banget, eh tapi dibulan ke empat malah tidak konsisten dan melupakan perjuangan diet yang 3 bulan ini, alhasil berat badan kembali naik lebih dari 3kg, jadi perjuangan diet selama 3 bulan itu sia – sia, hiks.

  • Kebanyakan nimbang badan

Diet Selalu Gagal

 

Baru diet dua hari, nimbang badan. Nggak turun kemudian sedih.

Terus saja nimbang badan, bahkan setiap hari. Tapi harapan tinggallah harapan, kiloan tetap menunjukkan berat badan yang sama, alhasil jadi males melanjutkan diet karena percuma berat badan nggak turun – turun huhuh.

Itulah beberapa alasan yang saya ketahui kenapa selama ini melakukan diet selalu gagal. Mulai saat ini, saya bakalan lebih perhatikan deh dan lebih semangat lagi dietnya. Saya harus memilih program diet serta olahraga yang cocok untuk saya dan tidak memaksakan. Saya pun harus ingat bahwa menurunkan berat badan itu enggak instan. Semoga diet selanjutnya saya tidak gagal lagi, Aamiin. Semangat menurunkan berat badan!

***

Balada Diet Selalu Gagal merupakan post trigger #KEBloggingCollab kelompok Sri Mulyani yang ditulis oleh Tian Lustiana, pemilik blog www.tianlustiana.com