Salah satu cara mendekatkan diri kepada anak adalah melakukan kegiatan travelling bersama. Kegiatan travelling bisa dilakukan dengan berkeliling kota atau juga sesekali ke luar kota.  Ini yang sering saya lakukan bersama keluarga. Tahun lalu, saya travelling berdua dengan Ayyas, anak saya yang kini berusia 9 tahun ke tempat wisata anak di Yogyakarta.

Yogyakarta, kota yang belum pernah Ayyas datangi. Saya ingin mengenalkan Yogya kepada Ayyas.

Sebelum melakukan perjalanan atau travelling, saya membiasakan untuk membahas tempat-tempat apa yang akan kami kunjungi, sehingga anak saya tahu selama travelling apa yang akan dia lakukan bersama saya, Umminya. Begitu pun saat kami travelling ke Yogyakarta. Kami mencari informasi tempat-tempat yang bisa kami kunjungi berdua.

Wisata Anak di Kota Batu

Kami di Yogyakarta hanya 3 hari 2 malam. Sebenarnya, tidak cukup waktu untuk mengeksplor seluruh tempat wisata di Yogyakarta.

Namun, dengan 3 hari 2 malam kami selalu berusaha untuk bisa eksplor Yogja dan tentunya diutamakan ke tempat wisata anak di Yogyakarta, yang bisa dikunjungi bersama. Oh ya, jangan lupa ajak anak menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman ya sehingga bisa travelling dengan nyaman.

Berikut ini rekomendasi saya tentang tempat wisata anak di Yogjakarta yang wajib dikunjungi bersama:

  • Cuci Mata di Jalan Malioboro

Tempat Wisata Anak di Yogyakarta

Malioboro adalah tempat yang menyenangkan bersama anak. Di sepanjang Jalan Maliboro terdapat banyak penjaja kaki lima yang menjual aneka barang dagangan yang dijual beragam mulai dari produk khas Yogyakarta hingga lainnya. Banyak juga makanan-makanan yang dijual seperti lumpia hingga pecel.

Jika lelah berjalan-jalan, bisa istirahat sejenak di kursi-kursi cantik yang tersedia di sepanjang Jalan Malioboro. Jangan lupa, sempatkan untuk berfoto di bawah tulisan Jl. Malioboro yang legendaris itu. Bagi saya, tak lengkap rasanya jika tak berswa foto  di jalan tersebut, karena tempat ini menjadi ‘penanda’ setiap kali berkunjung ke Yogyakarta.

Dikutip dari Okezone.com, kata Malioboro berasal dari Bahasa Sansekerta yakni karangan bunga. Kata Malioboro juga berasal dari nama seorang kolonial Inggris yang bernama Marlborough yang pernah tinggal d isana pada tahun 1811 – 1816 M. Kabarnya, pendirian Jalan Malioboro bertepatan dengan pendirian Kraton Yogyakarta.

Oh ya, di Jalan Malioboro ini juga terdapat tempat-tempat strategis seperti Kantor Gubernur DIY, Gedung DPRD DIY, Pasar Induk Beringharjo hingga Istana Presiden Gedung Agung juga berada di kawasan ini.

  • Taman Pintar Yogjakarta

Tempat Wisata Anak di Yogyakarta

Kalau ke Yogjakarta bersama anak, tempat ini masuk ke daftar tempat wisata yang harus dikunjungi. Mengapa? Karena tempat ini dikhususkan untuk anak-anak. Saat saya ajak Ayyas ke Taman Pintar, Ayyas sangat antusias. Di Taman Pintar ini ada tiga wahana dan tiga atraksi pertunjukan yakni :

  1. Wahana Oval-Kotak : Bisa dimasuki semua umur. Tiket masuk buat anak Rp 10 ribu dan buat dewasa Rp 18 ribu
  2. Wahana PAUD Barat/Timur : Usia 3-6 tahun. Tiket masuk Rp 3000
  3. Wahana Bahari : Bisa dimasuki semua umur. Tiket masuk buat anak dan dewasa masing-masing Rp 4000.

Untuk Planetarium, Teater 4D dan Dino Adventure harga tiket masuk antara Rp 15 ribu hingga Rp 15 ribu. Planetarium di Taman Pintar Yogyakarta ini merupakan Planetarium ke 4 di Indonesia dan menjadi yang pertama di Indonesia yang menggunakan digital projector.

Awalnya kami ingin berkunjung ke semua wahana tapi akhirnya diputuskan hanya ke wahana Oval saja karena Ayyas ingin belajar tentang sains.

Di Taman Oval ini, kita bisa belajar tentang  fisika, biologi dan lain-lain. Di Taman Oval Taman Pintar ini ada beberapa zona yang bisa dimasuki. Misalnya di zona fisika, kita bisa mendapat banyak informasi tentang cermin cekung dan cermin cembung.

  • Kesultanan Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata Anak di Yogyakarta

Yogyakarta adalah Daerah Istimewa dan Keraton Yogya tempat yang istimewa. Datang ke Keraton Yogyakarta bisa mengajarkan anak tentang kebudayaan dan sistem pemerintahan. Keraton ini juga merupakan tempat tinggalnya Sultan Hamengkubuwono X bersama keluarga besarnya. Harga tiket masuknya sangat terjangkau yakni hanya Rp 5000.

Keraton Yogyakarta ini bisa ditempuh dengan naik becak dari Jalan Malioboro. Oh ya, Keraton ini sangat luas dan sangat bersih terawat serta teduh. Banyak pohon besar yang membuat suasana menjadi lebih rindang. Datang ke Keraton Yogyakarta kita bisa melihat bagaimana peninggalan-peninggalan masa lampau milik Kesultanan. Salah satunya adalah kereta kencana.

Nah, tiga tempat itu yang menurut saya menjadi tempat wisata anak di Yogyakarta yang wajib dikunjungi bersama anak. Memang tak hanya itu, karena Yogyakarta kaya dengan berbagai tempat yang sayang jika tak dikunjungi bersama buah hati tercinta.

Apakah teman-teman memiliki tempat wisata anak di Yogyakarta lainnya dan wajib dikunjungi ? Atau tempat wisata anak di kota lain yang Emak Blogger sering kunjungi? Berbagi cerita di kolom komentar ya.

Notes: seluruh foto di blogpost ini adalah dokumentasi pribadi Rach Alida Bahaweres

***

Tempat Wisata Anak di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi merupakan post trigger pertama #KEBloggingCollab untuk kelompok Sri Mulyani yang ditulis oleh Rach Alida Bahaweres.

Rach Alida Bahaweres adalah emak blogger pengelola blog www.lidbahaweres.com