Coba bayangkan ketika kesehatan kita menurun dan rasanya enggak ada energi sama sekali di dalam diri kita. Hal ini dapat berdampak negatif tehadap seluruh aspek kehidupan. Daya kreativitas pun akan hilang hanya karena kesehatan yang buruk dan energi yang rendah, yang pada akhirnya kita enggak lagi memiliki inspirasi ataupun ide-ide segar. Pekerjaan yang kita jalani akan terasa membosankan dan sulit. Ini juga bisa mempengaruhi kehidupan sosial kita. Hidup menjadi tidak lagi menyenangkan. Untuk menghindari itu semua, kita perlu mengubah gaya hidup yang jauh lebih sehat. Dengan begitu, energi dan semangat kita akan kembali dan menjadikan hidup lebih baik.

Kebiasaan Sehat yang Mengubah Hidup Lebih Baik

Sadar enggak kalau setiap tindakan yang kita lakukan adalah kebiasaan yang enggak diputuskan oleh kita, melainkan mengalir begitu saja karena sudah merupakan suatu kebiasaan. Kebiasaan menyetir hidup kita, bagaimana kita hidup, bagaimana kita melakukan, dan hasil yang kita capai dalam hidup. Itulah kenapa sangat penting untuk memiliki kebiasaan yang sehat dan positif.

Menurut wikipedia, habit/ kebiasaan adalah :

Is a routine of behavior that is repeated regularly and tends to occur subconsciously.
perilaku rutin yang yang diulang secara teratur dan cenderung terjadi tanpa sadar.

Kebiasaan positif adalah dasar dari kesuksesan kita, sementara itu kebiasaan yang sehat meningkatkan kesejahteraan kita secara keseluruhan dan membuat kita merasa baik.

Beberapa kebiasaan sehat yang harus kita inget dan terapkan untuk mengubah hidup kita menjadi jauh lebih baik, adalah:

Kebiasaan Makan yang Sehat

  1. Pastikan kita mengunyah makanan dengan baik

Tahu enggak kalau penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh dimulai dengan cara mengunyah makanan? Mengunyah makanan menjadi partikel kecil dapat mengurangi stress pada tenggorokan dan memperlancar metabolisme makanan di dalam usus sehingga meringankan kerja usus dalam proses pencernaan.

  1. Persediaan makanan sehat

Hayoo coba cek lemari stok makanan atau kulkas di rumah. Apa saja isinya? mie instant atau makanan instant lainnya yang memiliki kadar bahan pengawet tinggi? Coba deh ganti isinya dengan memperbanyak buah-buahan. Jadi ketika kita merasa lapar, kita akan cenderung mengemil buah-buahan ketimbang makanan enggak sehat.

  1. Berjalan saat makan siang

Untuk para pekerja, jam makan siang bukan hanya untuk makan loh. Pergunakan waktu itu untuk mendapatkan udara, cahaya dan olah raga. Biasakan berjalan kaki saat menuju tempat makan siang yang jaraknya enggak begitu jauh.

  1. Jangan lupa makan sayur

Salah satu cara untuk meningkatkan asupan makan sehat adalah menambah lebih banyak porsi sayuran dalam makanan kita.

  1. Aktif di Luar Gym

Jangan hanya bataskan diri dengan berolahraga di dalam Gym, di mana saat diluar Gym, kita cenderung lebih banyak duduk di belakang meja kerja atau lebih banyak duduk manis di depan TV tanpa sering menggerakkan badan. Cobalah sering-sering menghirup udara segar sambil berlari atau berjalan kaki.

Kebiasaan Hidup Sehat

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Hidup Sehat dan Bahagia

  1. Pilih olah raga yang menyenangkan

Ketika melakukan olah raga yang menyenangkan, kita akan memiliki lebih banyak motivasi untuk terus melakukannya secara teratur.

  1. Hindari olah raga berlebihan

Sesuatu yang berlebihan tentu enggak akan baik efeknya bukan? begitu juga degan olah raga. Melakukan olah raga secara berlebihan akan membuat tubuh terkuras dan berisiko mengalami beberapa masalah kesehatan seperti nyeri otot, sakit punggung, melemahnya sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.

  1. Tidur 30 menit lebih cepat

Tidur merupakan salah satu cara pemulihan yang paling efektif. Jadi jangan habiskan waktu semalaman berselancar di dunia maya, ataupun menonton drama korea (hahaha ini sih aku banget).

Yuk ubah kebiasaan kita menjadi kebiasaan yang lebih sehat untuk hidup lebih baik.

Kalau emak sudah melakukan kebiasaan sehat apa saja nih selama ini? Sharing ya bagaimana hidup lebih baik dengan kebiasaan sehat.

***

Kebiasaan Sehat yang Akan Mengubah Hidup Lebih Baik merupakan post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Khofifah Indar Parawansa, yang ditulis oleh Swiandi Kumalasari.

Swiandi atau Wian, pengelola blog http://www.thehermawansjourney.com/