Jujur saja, di dunia blogging, konten beauty atau konten tentang kecantikan dan hal yang terkait lainnya, memang konten yang cenderung mudah mendapatkan traffic jika dibandingkan dengan konten blog tipe yang lain. Paling tidak itu menurut pengalaman saya. Bagaimana menurut Emak tentang Beauty Blog ini?

Saya juga sering mendengar sharing teman-teman blogger lain yang ternyata suka mendapat traffic yang tinggi pada tulisan mereka yang berhubungan dengan kecantikan. Hmmm, terdengar menggiurkan ya.

Topik Apa Saja yang Bisa Dibahas di Beauty Blog

Buat teman-teman yang tertarik untuk mulai menulis konten tentang kecantikan di blog-nya, saya akan sharetopik apa saja sih yang bisa dibahas di beauty blog. Silakan disimak ya!

Baca yuk Tentang Langkah Menulis Review Produk yang Menarik

Review Produk/Servis

Ini adalah tipe topik yang paling banyak dibuat oleh beauty blogger dan lifestyle blogger. Bermodalkan sebuah produk kecantikan atau pengalaman ketika mencoba suatu servis, lalu nanti reviewnya ditulis di blog.

Topik ini juga terkadang menyumbang traffic yang besar di konten beauty blog. Eits, tapi sebagai blogger saya sarankan untuk tidak terjebak dalam kehidupan yang konsumtif ya, yaitu dengan hobi membeli produk karena kebutuhan untuk direview. Padahal masih ada banyak informasi kok yang bisa dibagikan di blog selain review.

Tips untuk menulis review adalah selalu mengedepankan kejujuran saat menceritakan pengalaman dan sampaikan kekurangan serta kelebihannya agar pembaca mendapatkan gambaran, apakah perlu membeli produk/mencoba servis tersebut.

Jadi jangan cuma bilang, “lipstick ini bagus lho!”, tapi jelaskan apa yang membuat lipstick tersebut bagus.

Tips & Trick

Beauty Blog

Selain review produk, sebenarnya kita bisa lho memanfaatkan produk yang sudah lama kita pakai. Biasanya produk yang sudah lama kita gunakan punya cara tersendiri supaya bisa optimal hasilnya.

Seperti saat saya mencoba membahas tentang bagaimana cara mengatasi jerawat tiba-tiba datang di blog.

Di sinilah kesempatan saya untuk membagikan cara bagaimana menggunakan produk yang tepat melalui topik tips & trick.

Tutorial

Buat yang suka dandan, topik tutorial akan sangat cocok untuk ditulis di blog-nya. Menulis tutorial di blog buat saya bisa lebih detail dan mendalam pembahasannya dibandingkan dengan tutorial melalui video.

Banyak juga yang suka dengan tutorial di blog karena lebih mudah diikuti dan tidak mudah ketinggalan dibandingkan dengan video.

Selain tutorial makeup, kita juga bisa buat tutorial DIY (do it yourself) membuat natural skincare, membuat facial mist sendiri, membuat lipstick sendiri, dan lain sebagainya.

Targeted Topic

 

Beauty Blog

 

Jika mau bahas topik yang lebih spesifik, bisa nih coba topik yang lebih targeted. Misalnya saya banyak menulis topik tentang jerawat. Jadi saya akan membahas semua hal tentang masalah kulit ini, dari mulai skincare-nya, bagaimana cara menutupi jerawat dengan makeup, sampai ngomongin ke masalah psikis juga lho.

Menurut saya topik yang kayak gini memang jumlah audience-nya berbeda-beda, tergantung seberapa besar topik itu dicari. Tapi jangan khawatir jika menulis topik dengan audience yang sedikit, justru semakin sepesifik konten kita maka akan semakin kita punya ciri khas.

Contoh targeted topic yang menarik untuk dibahas menurut saya, seperti rambut yang ikal/keriting, pemilik kulit yang gelap, pemilik kulit sensitif, dan masih banyak lagi. Kuncinya adalah lihat dan kenali diri sendiri.

**

Ternyata ada banyak ya yang bisa ditulis di dalam blog yang membahas tentang kecantikan. Jadi jangan nulis review -lagi-review-lagi. Semakin kita gali, ternyata semakin banyak pembahasan yang bisa ditulis dalam sebuah beauty blog.

Jadi setelah ini apakah Emak tertarik juga untuk membuat beauty blog?

***

Kontributor: Lia Harahap, Narablog di http://liaharahap.com/

Instagram: @liaharahap_lh
Facebook Fan Page: Lia Harahap
YouTube Channel: Lia Harahap