Hai, Mak! Di postingan sebelumnya, kita sudah bahas ya mengenai cara mengukur performa media sosial kita? Hal ini dilakukan untuk mengukur diri sendiri, seberapa kuat kita punya influence terhadap follower kita. Kalau memang kita mendapatkan “bukti” bahwa kita bagus performanya, maka hal ini pastinya bisa kita jadikan sebagai bargain power untuk semua pihak yang ingin mengajak kerja sama.

Ujung-ujungnya, ya kita bisa menaikkan rate card kita 😆 Siapa hayo, yang nggak mau rate card-nya tinggi? Hihihi.

Nah, selain kita pantau sendiri performa media sosial kita, kita juga bisa ngecek melalui third party,  atau pihak ketiga, atau mereka para penyedia pengukuran dalam bentuk tools.

Jangan khawatir, tools untuk mengukur performa mediaosial yang akan saya share ini haratis, Maks 😀 Bahkan mungkin sebagian sudah sering menggunakannya ya. Ada sih yang berbayar, tapi biasanya tools tersebut juga menyediakan yang layanan free, dan layanan yang gratis ini sudah cukup kok buat kita.

 

5 Tool pengukur performa media sosial

1. Hootsuite

 

Adakah yang sudah familier dengan tool pengukur performa media sosial pertama kita ini? Biasanya sih kita pakai Hootsuite ini untuk nyekedul tweet atau Facebook post ya?

Nah, untuk melihat analytics-nya, Emak perlu ke bagian Analytics terus bikin report-nya dulu. Sesudahnya, kita bisa langsung melihat, Mak, beberapa statistik terkait profil media sosial kita.

Ini saya kasih contoh salah satu report analytics Twitter saya mengenai statistik klik pada link yang saya sebar di Twitter.

Tool pengukut performa media sosial Hootsuite

Nah, kelihatan ya, berapa orang yang klik link-link yang saya sebar. Di analytics ini juga ada statistik follower growth.

Kalau mau mendapatkan lebih banyak statistik sebagai bahan analisis, ya kita bisa berlangganan, Mak. Pastinya ini nggak gratis ya. 😀

 

2. SocialMention

pengukur performa media sosial

Tool pengukur performa media sosial satu ini bisa diakses di socialmention.com. SocialMention ini mirip cara kerjanya dengan Google Alert, namun hanya meliputi media sosial saja.

Kalau mau ngecek, tinggal masukkan saja username akun media sosial kita ke kotak search-nya. Nih, saya coba masukkan twitter KEB. Di sebelah kiri ada analyticsnya.

pengukur performa media sosial

 

Silakan, Mak. Dicoba 🙂

 

3. Facebook Insights

pengukur performa media sosial

Khusus untuk Facebook Page, pengukuran performa media sosial ini mudah banget. Emak bisa langsung ngecek di bagian Insights Facebook Page-nya.

Atau, bisa juga cek ke bagian Post Detail, kayak yang kemarin sudah saya jelaskan di artikel mengenai mengukur performa media sosial kita sendiri yang sudah ditayangkan sebelumnya.

 

4. Twitter Analytics

Tool pengukur performa media sosial

Nah, yang ini kemarin juga sudah sekilas saya tunjukkan ya, Mak, di artikel mengukur performa media sosial kita sendiri.

Emaks tinggal klik aja ke foto profile pic Emak di pojok kanan atas profil Twitter, lalu ke bagian Analytics. Ketemu deh.

 

5. Bitly

Tool pengukur performa media sosial

Adakah yang sudah sering memanfaatkan jasa Bitly untuk memendekkan atau menyederhanakan URL?

Ini juga gampang banget menggunakannya nih. Kalau di Bitly, setelah Emak memendekkan URL, pasti akan terekam deh, Mak, analyticsnya

 

Nah, itu dia 5 tool gratis yang bisa bantu kita untuk mengukur performa media sosial Emak. Coba dilihat-lihat yuk, Mak, siapa tahu rate card bisa diangkat dikit tuh. Hehehe.

Selamat bermedia sosial dengan bijak, dan tetap bahagia ya, Mak!