Hai, Mak! Di artikel yang lalu, kita sempat bahas bareng mengenai tip-tip membuat infografis ya. Gimana udah dipraktikkan? Belum? Oh, bingung bikin pake tool apaan?

Harus Photoshop? Enggak kok. Harus CorelDraw? Enggak juga.

Pake tool yang online aja, Mak. Lebih mudah. Template juga udah ada. Kalau sekadar untuk melengkapi info yang ditulis di blog, pakai tool online ini sudah cukup kok sebenarnya.

Nah, berikut beberapa tools atau apps yang bisa Emak manfaatkan untuk membuat infografis yang keren.

1. BeFunky

10 Tool Infografis Keren Online dan Gratis

Tak hanya sebagai image editor dan pembuat kolase foto, BeFunky juga bisa kita manfaatkan untuk membuat infografis yang keren lo!

Memang banyak template yang berbayar. Yang gratisan paling hanya satu-satu saja kalau yang infografis. Tapi kita dengan bebas mengganti foto, warna, dan gambarnya kok. Jadi, tergantung kreativitas kita, tetep bisa banget jadi infografis yang unik.

 

2. Visme

10 Tool untuk Membuat Infografis Keren Online dan Gratis

Visme juga sangat user-friendly, Mak. Ada lebih dari 100 koleksi font, dan ribuan image yang bisa kita pakai juga di library-nya.

 

3. Snappa

10 Tool untuk Membuat Infografis Keren Online dan Gratis

Snappa sudah menyediakan templates setengah jadi. Kita memang nggak akan bisa ngulik terlalu banyak sih, tapi ya, buat sebagian mungkin jadinya lebih praktis.

 

4. Canva

10 Tool untuk Membuat Infografis Keren Online dan Gratis
Nah, siapa nih yang belum pernah ngulik0ulik Canva? Pasti semua udah familier dah dengan tool untuk membuat infografis satu ini.

Jadi saya nggak usah jelasin lagi ya. 😀

 

5. Piktochart

10 Tool untuk Membuat Infografis Keren Online dan Gratis

Piktochart juga user-friendly banget lo, Mak. Di sini juga sudah ada template setengah jadinya. Tapi juga ada blank templatenya.

Saya sih paling suka Piktochart kalau untuk membuat infografis mah.

 

6. Infogram

Infogram ini sepertinya bisa diandalkan banget kalau untuk membuat infografis yang tipe diagram.

Jujur, saya sih belum pernah coba, Mak. Tapi silakan kalau ada yang mau coba yahhh. Ntar boleh cerita, pengalaman pakainya gimana kalau udah coba. Ditulis di kolom komen bisa, atau colek saya di medsos juga boleh 😀

 

7. Venngage

10 Tool untuk Membuat Infografis Keren Online dan Gratis

 

Venngage juga oke banget dipakai untuk membuat infografis nih, Mak. Di sini sih udah ada charts dan icons yang bisa kita pilih dan langsung pakai aja.

 

8. Kartograph

10 Tool untuk Membuat Map Infographic Keren Online dan Gratis

Kartograph ini bisa dipakai kalau Emak mau membuat infografis berbasis map alias peta.

 

9. Visualize me

10 Tool untuk Membuat Infografis Keren Online dan Gratis

Konon, visualize.me ini paling keren kalau dipakai untuk membuat infografis semacam About Me gitu lo, Mak!

Wah, menarik nih. Bisa dicoba deh ya. Saya sendiri juga belum coba nih!

 

10. Easel ly

 Infografis

 

Easelly ini mudah juga, Mak, dipakainya. Library-nya juga lengkap bat. Tinggal drag and drop deh, sesuai storyboard. Nggak perlu cari-cari icons lagi keknya sih kalau membuat infografis dengan tool ini.

 

Tuuuuh kan, banyak yg bisa dipakai. Ada yang menyediakan blank template, ada juga yang sudah menyediakan template setengah jadi. Tinggal kita customize aja sesuai kebutuhan.

Tapi seumpama Emak mau membuat infografis yang lebih cetar lagi, yang lebih customize lagi, pastinya bisa banget kalau Emak belajar software desain grafis, misalnya Photoshop, Illustrator, atau CorelDraw. Hasilnya sih biasanya ya lebih dahsyat ketimbang template yang instan.

Kalau saya sih, biasanya saya lebih suka menggunakan tool desain yang nggak banyak orang pakai. Misalnya, kalau di sini pasti banyak yang pakai Canva, iya kan? Nah, saya sebisa mungkin enggak pakai itu. Saya pakai easelly atau mungkin yang lain. Supaya apa? Supaya meski pakai template standarnya mereka, tetap saja hasilnya enggak pasaran 😆 Enggak banyak yang sama.

Ya, itu sedikit trik sih. Hehehe. Emak bebas kok mau pakai yang mana juga.

So, ada yang mau menambahkan, baik trik membuat infografis maupun tools-nya? Boleh ditulis di kolom komen ya, Mak!

Sampai ketemu di artikel berikutnya!