Salah Paham Seputar DA dan PA Blog yang Sering Terjadi

By Agi Tiara on March 23, 2022

Kesalahpahaman DA dan PA blog yang sering terjadi

Hai Mak, menjelang kuarter kedua setiap tahunnya, job blogger sering membludak ya? Atau memang ramai terus menerus? Hihihi. Nah biasanya yang sering diminta pemberi job adalah seputar DA dan PA Blog Emak. Hal ini seringkali membuat beberapa Emaks jadi ((tertantang)) untuk menaikkan DA PA.

Tapi sebenarnya kenapa sih Mak harus menyiapkan DA PA? Apa sih arti DA dan PA untuk blogger?

Nah, banyak blogger yang masih salah paham nih dengan angka DA PA, karena berpikir bahwa DA PA adalah angka absolut yang menggambarkan kinerja blog kita secara SEO. Padahal sebenarnya, DA PA itu tidak ada hubungannya dengan SEO lho Mak!

Walaupun demikian, nggak ada salahnya juga meningkatkan angka DA dan PA. Yuk kita belajar apa itu DA dan PA dan kenapa blogger sering salah paham seputar DA dan PA ini!

Domain Authority dan Page Authority

Apa Itu Da dan PA

DA atau Domain Authority dan PA atau Page Authority merupakan sebuah metrics atau ukuran yang dibuat oleh Moz. Jadi bukan dibuat oleh Google ya Mak.

Tools seperti Moz ini dibuat oleh para pengembang agar memudahkan pengelola Web seperti Emak untuk mengoptimasi halamannya, apalagi mengingat mesin pencari seperti Google sudah nggak menyediakan tools untuk mengukur ranking halaman website seperti pagerank.

Jadi ada banyak tools seperti DA PA dari Moz ya Mak di luar sana, hanya saja Moz memang salah satu yang termurah dan mudah untuk diakses pengguna, bahkan untuk pemula sekalipun.

Nah kita kenali dulu apa itu DA PA ya Mak supaya diskusi kedepannya lebih mudah

Domain Authority (DA)

Domain Authority sendiri merupakan angka ukuran keterpercayaan suatu domain (authority) di mesin pencari. Model ini mirip-mirip dengan Google Pagerank jaman dulu, hanya saja sekarang Google sudah tidak menyediakan tools seperti ini lagi.

Menurut Moz, semakin tinggi Domain Authority, berarti semakin baik komponen-komponen di dalam website tersebut dan kualitas backlink-nya. Ini dinilai dengan skala angka 1-100, dimana semakin tinggi berarti semakin baik kualitas blog-nya ya Mak.

Page Authority (PA)

Page Authority mirip dengan domain authority, tapi yang dituju adalah page-nya dan bukan domain-nya. Domain itu alamat website kita ya mak, sedangkan page adalah halaman-halaman di dalamnya. Jadi dalam satu blog, bisa jadi tiap artikel kita memiliki PA yang berbeda-beda. Ini wajar kok.

Sama dengan Domain AUthority, penilaian Page Authority sendiri menggunakan skala angka 1-100. Semakin tinggi angkanya berarti semakin terpercaya page tersebut.

Ukuran DA dan PA yang Baik

Ada beberapa faktor yang menentukan skor DA dan PA yang baik. Walaupun tidak dijelaskan secara gamblang oleh Moz namun beberapa faktor penentu ukuran DA dan PA yang baik adalah sebagai berikut:

  1. Kualitas Backlink yang bagus
  2. Jumlah reffering domain yang tinggi
  3. Kualitas konten yang baik dan disukai pembaca
  4. Social signals atau engagement sosial media dari halaman blog kita misalnya saja like, comment, dan share.
  5. Search Engine Friendliness atau kualitas struktur website secara keseluruhan yang membuat website user friendly di mata mesin pencari. Misalnya dari pagespeed, struktur script, dan sebagainya.

Disini bisa dilihat kalau sebenarnya cara untuk meningkan DA dan PA dibutuhkan komitmen ya Mak untuk membuat backlink yang berkualitas.

Salah Paham Soal DA & PA di Kalangan Blogger

Salah Paham Seputar DA dan PA blog

Nah sekarang pertanyaannya, apakah yang bikin kebanyakan blogger salah kaprah soal DA dan PA? Yuk kita gali sama-sama Mak!

DA dan PA tinggi berarti SEO Blog-nya bagus

Psst, tahu nggak mak kalau DA dan PA tinggi bukan berarti SEO Blog Emak bagus?

DA dan PA hanyalah alat untuk mengukur skor suatu website berdasarkan ketentuan dari MOZ bukan dari mesin pencari seperti google.

Jadi DA dan PA tinggi bukan berarti blog otomatis ngerank tinggi di Google ya Mak. Walaupun ada kemungkinan kalau DA atau PA blog Emak tinggi, Emak akan lebih mudah untuk nge-rank ketimbang blog yang DA-nya rendah.

Ini karena metric atau nilai ukur dari Moz tentunya berbeda dengan nilai ukur Google. Sudah begitu, kedua nilai ukur ini nggak punya kesinambungan sama sekali, alias Google tidak melihat DA dan PA untuk menentukan rank blog Emak di mesin pencari.

DA dan PA harus tinggi supaya blog dibilang bagus

DA dan PA itu adalah alat untuk mengukur rank yang sangat subjektif. Untuk bisa mengetahui DA dan PA itu beneran tinggi atau nggak, Mak harus membandingkan dengan website dengan tipe dan niche sejenis.

Jadi walaupun sama-sama blog, kalau niche-nya berbeda, tentu saja penilaian atas skor DA dan PA-nya berbeda.

Misalnya, Emak A pemilik blog beauty memiliki DA 20, sedangkan Emak B pemilik blog travel memiliki DA 14. Nah, bukan berarti blog Emak A lebih baik dari Emak B, karena bisa jadi rata-rata blog beauty memiliki DA dengan skor 25 keatas, sedangkan blog travel rata-rata DA-nya 10.

Angka diatas cuma ilustrasi ya Mak, saya belum riset angka DA dan PA rata-rata di masing-masing Niche. Mungkin ada Emak yang tahu dan punya datanya.

DA dan PA adalah Score yang Penting Untuk Dijaga

Ini jawabannya juga enggak. Karena sekarang sudah banyak sekali agency yang menggunakan metrics dari ahRefs yaitu Domain Rating. Senada dengan DA dan PA, domain rating juga merupakan metric atau nilai ukur dari pihak ketiga. Namun banyak agensi dan brand yang lebih menyukai ahRefs yang lebih akurat soal analisis kompetitor ketimbang Moz.

Nggak cuma Domain Rating mak, sebenarnya ada banyak lagi tools dan metric serupa misalnya MajesticTrustFlow dari Majestic, dan masih banyak lagi.

Namun banyak agency yang menyukai DA dan PA dari Moz karena beberapa keunggulannya yaitu:

  1. mudah untuk dicek dan digunakan.
  2. tersedia versi gratis
  3. bisa digunakan untuk menganalisis kompetitor dan keyword

Moz Spam Score Tinggi Berarti Harus di Disavow!

Nah salah satu ukuran yang juga menjadi momok bagi Emak-emak pemburu job blogging adalah Spam Score. Walaupun bukan metrics utama seperti DA – PA namun karena seringkali mereka menjadi satu paket hemat yang ngegemesin, sekalian saya bahas disini ya Mak.

Kalau ketemu blog teman kita yang spam score-nya tinggi bukan berarti blog mereka SPAM.

catet ya mak, spam score tinggi tidak selalu berarti domain tersebut spam.

Spam Score hanya mengukur probabilitas atau kemungkinan website tersebut spam atau bukan. Kalau ternyata itu adalah blog teman kita ya berarti nggak spam ya tho Mak. Ayo Mak coba baca lagi artikel KEB soal spam score ini.

Dan karena Moz nggak ada hubungannya sama Google, jadi nggak ada gunanya nge-disavow link tersebut di Google Search Console. Yang harus Emak lakukan adalah mengecek indikator spam score dari Moz dan mengecek apa yang ada di blog Emak, kemudian perbaiki.

Itu sudah saya kasih link ya Mak, awas aja kalau ada yang nanya lagi di komen bagaimana caranya nurunin spam score.

DA dan PA Sendiri Bisa Diakali

Ada beberapa hal yang membuat kebanyakan SEO Specialist di luar Indonesia tidak lagi suka menggunakan DA dan PA dari Moz sebagai salah satu nilai ukur. Terutama karena DA dan PA adalah metrics yang paling mudah untuk diakali.

Bahkan MOZ sendiri sempat memperbaiki alogoritma link mereka akibat banyaknya orang-orang yang memperjualbelikan link yang memiliki DA tinggi dengan harga yang murah di marketplace, padahal domain tersebut adalah domain yang sudah ditandai sebagai spam domain oleh Google.

MOZ juga enggak suka dengan praktek jual beli link, spam komen, dan berbagai taktik licik untuk meningkatkan DA dan PA sehingga MOZ terus memperbaiki algoritmanya. Sayangnya hal ini sulit untuk dilakukan karena DA dan PA sendiri memang metrics yang berfokus pada jumlah backlink.

Kalau Emak penasaran, Russ Jones atau @rjonesx, salah satu petinggi MOZ sering speakup di twitter soal kesalahpahaman orang-orang saat menggunakan MOZ. Tak hanya itu, Google juga seringkali harus meluruskan bahwa Google memperhitungkan domain authority sebagai metrics dari Google selama bertahun-tahun.

Kesimpulan Soal DA dan PA

Jadi, meskipun Emak tetap harus setor DA dan PA untuk kepentingan nge-job, janganlah Emak berkecil hati soal skor DA dan PA Emak. Sebagaimana layaknya sebuah metrics, Emak tetap bisa meningkatkan skor DA dan PA Emak kalau sudah paham caranya.

Namun ada yang lebih penting daripada meningkatkan skor DA dan PA, yaitu meningkatkan SERP. Apa ini SERP? Kapan-kapan kita bahas lagi ya Mak. Salam hangat dan selamat pusing kembali!

Comments (2)

April 22, 2022

Wah Mak ternyata harus semangat ini menaikkan PA dan DA supaya mendapat kan hasil yang baik di peringkat google dan juga terus memantau supaya spam score nya tidak naik atau meningkat. Terimaksih Mak atas penjelasannya dan mungkin untuk kawan-kawan yang ingin menambah ilmu dan kopetensi bisa mengikuti Pelatihan K3 di CAPI ya… Terimakasih.


April 23, 2022

DA PA itu optional kak, tapi sangat penting untuk digunakan sebagai mengetahui autority blog


    Leave your comment :

  • Name:
  • Email:
  • URL:
  • Comment: