Ditulis oleh Ade Delina Putri – www.sohibunnisa.com

“Seberapa penting sih komunitas blog buat kamu?”

Pertanyaan itu sering banget terlontar di grup-grup komunitas blog, atau dari status medsos teman-teman blogger. Mungkin kamu yang blogger juga pernah lihat pertanyaan serupa. Trus pernah kamu jawab nggak? Kalau saya kayaknya nggak pernah  Karena saat pertanyaan itu muncul, biasanya saya lagi malas ngetik

Nah, tapi sekarang saya mau jawab lewat postingan ini hehehe. Karena menurut saya agak panjang, jadi dibikin blogpost aja.

Jadi, seberapa penting sih komunitas blog buat kamu? 

Awalnya saya nggak tahu kalau ternyata blogger pun punya komunitas. Dulu tahunya cuma komunitas nulis biasa aja. Sampai tahun 2013 kayaknya, baru saya mulai mengenal komunitas-komunitas blog. Dan semuanya saya tahu dari teman-teman di Facebook. Singkat cerita, yeah akhirnya saya ‘menceburkan’ diri ke banyak grup komunitas blogger tersebut.

And now, saya bersyukur banget bisa masuk di banyak grup komunitas blogger. Kenapa?

  • Nambah relasi

Seperti yang saya lakukan waktu gabung di grup komunitas menulis, saya banyak menambah atau memfollow orang-orang yang tulisannya menarik. Tujuannya supaya saya bisa baca tulisan mereka lebih sering (karena biasanya orang-orang ini aktif di medsos), dengan begitu saya bisa belajar dari tulisan-tulisan mereka bahkan saya bisa bertanya langsung dengan mereka *tentu saja dengan melakukan pendekatan dulu hehe. Nah sama halnya dengan teman-teman blogger. Kalau saya merasa blog/tulisan dia di blog menarik, tanpa pikir panjang langsung saya add/follow. Begitu juga sebaliknya. Kalau ada teman dari grup menulis/blog meng-add/follow saya, pasti saya confirm/follback. Makanya bisa dibilang 4000 friends di Facebook atau following/followers di Instagram/Twitter saya sebagian besar ya teman-teman menulis dan blogger. Meskipun banyak yang belum pernah ketemu, tapi nggak jarang saya dan mereka suka interaksi. Entah sekedar iseng like, komen, retweet atau bahkan inbox secara privat untuk sekedar nanya-nanya apapun.

  • Nambah ilmu

Komunitas blogger sekarang sudah semakin maju. Fokus mereka bukan lagi supaya bisa sekedar sharing postingan blognya. Melainkan saat ini sudah banyak yang mengadakan kelas belajar ngeblog. Ya belajar ngeblog untuk pemula, ngasih tips trik supaya blog kita ramai, sampai memaksimalkan blog agar bisa menghasilkan materi atau bahasa kerennya monetize (monetisasi) blog. Dan ini bisa didapatkan banget kalau kita gabung ke dalam komunitas blogger. Bahkan ada yang sampai bikin grup secara privat dengan kriteria tertentu supaya bisa belajar lebih maksimal. Dan lagi, sudah banyak event offline atau kelas berbayar untuk khusus membahas segala seluk beluk blog. Nambah ilmu deh, asyik kan.

  • Bisa menghasilkan materi

Ini seperti yang saya bilang di poin ketiga tadi. Kalau sekarang banyak komunitas juga fokus mengadakan kelas untuk belajar, salah satunya ya monetisasi blog. Saya sendiri awalnya cuma ditawari langsung dari brand lewat email untuk kerja sama. Kalau nggak dapat email, ya udah berarti nggak ada kerjaan. Nah begitu saya masuk ke dalam komunitas, ternyata semakin banyak tawaran kerja sama. Dan pastinya ini lebih menguntungkan karena kita dimudahkan lewat tawaran dari komunitas-komunitas tersebut. Makanya, saya selalu menyarankan orang-orang yang memang serius ingin blognya bisa menghasilkan, untuk masuk ke dalam komunitas blogger. Tapi ya ini jangan dijadikan patokan sih, karena komunitas itu sendiri manfaatnya lebih banyak, jadi bukan sekedar buat cari materi.

  • Postingan bermanfaat

Dari tiga poin di atas, sebenarnya poin terakhir inilah yang paling penting dan membuat saya kepikiran untuk nulis postingan ini. Yap, yang paling saya syukuri adalah, tidak sekali dua kali saya merasakan manfaat dari tulisan teman-teman blogger yang dibagikan di dalam grup. Sekalipun itu sekedar curhat. Memang benar, percaya atau tidak, kadang tulisan curhat yang kita anggap remeh, ternyata bisa bermanfaat untuk orang lain. Malah di blog saya sendiri, statistik tertinggi bukan ada di post review, sponsor, atau lomba. Tapi ada di postingan yang full curhat dan kadang saya sendiri malu ‘kok postingan gini bisa tinggi sih’

But, memang saya merasakan sendiri, tulisan-tulisan curhat itu seringkali lebih ‘ngena’. Mungkin karena ditulisnya benar-benar dari hati. Bukan berarti saya menganggap postingan non curhat tidak dari hati ya. Hanya saja kalau curhat, kadang orang sekedar ingin mengeluarkan unek-unek, tapi tanpa disadari ternyata unek-unek itu bisa menghibur atau bermanfaat bagi pembaca, apalagi jika memang dibutuhkan.

Seperti misalnya, ada ibu-ibu curhat kalau anaknya susah makan, akhirnya dia coba-coba bikin menu sendiri di rumah. Eh ternyata anaknya lahap. Kemudian saking senengnya, dia tulis di blog. Lalu ada ibu lain kesasar di blognya dia, dan nyoba menunya, eh anak si ibu ini lahap juga. Trus ibu ini cerita ke temen-temennya, dicoba ibu-ibu lain.See? Ternyata manfaatnya luar biasa karena menular. Maka itu mungkin alasan inilah kita dianjurkan menulis sesuatu yang bermanfaat supaya bisa dirasakan juga oleh banyak orang. Eeh kok jadi melenceng.

Ya intinya gitu, dengan gabung di komunitas, saya bahagia dapat banyak manfaat dari sharingan tulisan teman-teman. Baik itu tulisan curhat, atau event, sponsor dan lomba sekalipun sepanjang itu mengandung informasi yang memang dibutuhkan.

Well, bisa diambil kesimpulan sendiri ya. Kalau gabung di komunitas blogger itu penting banget buat saya. Saya benar-benar merasakan sekali betapa terima kasihnya sama pendiri-pendiri komunitas itu. Karena mereka bisa mendatangkan begitu banyak anak negeri yang ternyata punya bakat menulis yang luar biasa dan bisa mewadahinya. Ah i’m so proud of you all.

So, bagi kamu sendiri, seberapa penting komunitas blog buat kamu? Sharing yuks.

***

Blogpost Seberapa Penting Komunitas Blog untuk Kamu, merupakan tulisan pertama #KEBloggingCollab untuk kelompok Nila F.Moeloek.

Ade Delina adalah seorang blogger dan juga ibu dari dua anak balita.