Hola Emaks, gimana puasanya? Semoga lancar jaya, ya.

Siapa nih yang suka sajian soto? *ngacung 😀 hehehe …

Indonesia tuh kaya akan resep soto! Bener nggak? Rasanya pun endeus banget. Saya salah satu penggemar soto pun dengan keluarga. Dalam seminggu pasti saya membeli soto ayam kampung langganan untuk keluarga.

Dari sekian banyak soto yang udah dicoba, soto Betawi ini agak sedikit beda karena menggunakan santan sebagai kuahnya.

resep soto betawi2

Singkat cerita, karena saking penasaran dengan soto betawi, saya meminta suami untuk makan siang di restoran kecil dekat rumah. Kelezatan soto betawi ini sudah sering saya dengar dari tetangga, makanya jadi penasaran deh. Dan lucky me, restoran itu menyajikan soto betawai yang bikin saya ketagihan!

Baca juga : 3 Resep spaghetti gampang dan enak

Walaupun menggunakan santan, tapi nggak enek, justru terasa segar karena kucuran air jeruk limau. Apalagi disantap dengan emping, alamakjang maknyus banget!

See, Indonesia memang surga kuliner!

Kalau Emaks pengin coba soto betawi, yuk dimasak sendiri saja. Mudah kok cara masaknya. Yha, kayak soto pada umumnya hanya beda dikit di bahan saja. Nggak membutuhkan skil masak yang wow banget.

Berhubung lagi bulan puasa, hidangan soto Betawi ini bisa Emaks sajikan untuk keluarga saat berbuka puasa.

Resep Soto Betawi

resep soto betawi

Bahan :

500 gram daging sapi (campur jeroan juga bisa)

250 ml santan kental dan cair (dipisah)

2 cm jahe, memarkan

4 cm lengkuas, memarkan

3 lembar daun salam

2 batang serai, memarkan

1 sdm mentega

Air

Bumbu halus :

1 sdt merica

½ sdt jinten, disangrai lalu ditumbuk halus

1 sdt ketumbar, disangrai lalu ditumbuk halus (mau pakai yang sasetan bisa)

1 biji pala, memarkan lalu sangrai

3 butir kemiri, sangrai

7 butir bawang merah

4 siung bawang putih

Garam

Pelengkap :

Tomat, diiris sesuai selera

Kerupuk emping

Daun bawang yang diiris halus

Bawang goreng

Sambal

Cara membuat :

  1. Didihkan air, masukkan daging sapi-jeroan, juga jahe dan lengkuas.
  2. Rebus hingga empuk. Angkat daging, tiriskan. Sisa air rebusan tadi jangan dibuang.
  3. Tumbuk semua bumbu halus kecuali lada putih bubuk.
  4. Tumis bumbu halus hingga wangi, lalu masukkan santan cair dan mentega. Biarkan hingga mendidih.
  5. Tuangkan sisa kaldu tadi, lalu masukkan serai dan daun salam. Masak hingga wangi, mendidih. Jangan lupa diaduk ya biar tercampur bener.
  6. Masukkan santan kental. Aduk hingga mendidih, jangan biarkan meletup sendiri tanpa diaduk karena akan menjadi santan pecah.
  7. Aduk hingga susut sedikit. Tambahkan garam, koreksi rasa. Aduk sebentar. Matikan kompor
  8. Angkat dan sajikan.

See, resep soto Betawi ini mudah banget Maks!

Disajikan ganti-gantian dengan soto ayam, coto makassar, sop konro sepertinya ide yang bagus Maks. Biar keluarga nggak bosan yes.

Baca juga : Resep pesmol ikan nila

Apalagi sekarang di masa pandemi ini, butuh varian masakan ya di rumah agar imunitas tubuh bisa meningkat. Daging termasuk makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh asalkan dikonsumsi dengan baik (tidak tiap hari).

Yuk, Maks, dieksekusi nih resep soto Betawi untuk sajian buka puasa nanti.

Selamat mencoba.