11 Search Results for

Bumi manusia

Book Review / Review Emak By On July 14, 2018

Bumi Manusia, Kegelisahan Anak Bangsa

Bukan pertama kali saya mendengar jika buku Bumi Manusia akan diangkat menjadi film. Bertahun lalu saya mendengar kabar yang sama, buku ini akan difilmkan. Lalu kabar itu hilang. Pastinya tidak mudah memfilmkan satu buku fenomenal dengan latar awal abad 19, selain itu bagaimana memangkas 500 an halaman ini menjadi adegan 2 jam  tanpa mengurangi maksud yang ingin disampaikan penulis buku,…

Parenting / Tips By On June 25, 2019

25 Kegiatan Pengisi Liburan Sekolah yang Seru dan Asyik Meski Tak Keluar Kota

Liburan sekolah sudah tiba! Selain kita pasti senang ya, Mak, karena bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama-sama di rumah, tapi ada bingungnya juga. Mau pergi keluar kota kok ya lagi nggak memungkinkan. Biasanya sih karena Emak atau bapaknya anak-anak yang nggak bisa cuti lama-lama, hingga akhirnya harus berlibur di rumah saja. Jadi satu-satunya cara menikmati liburan sekolah ya hanya puter-puter aja…

Life Style / Lingkungan By On December 12, 2017

Diet Kantong Plastik, Apa Itu?

Di beranda Facebook saya sering muncul cerita teman-teman seputar diet. Entah itu diet mayo, diet keto, OCD, food combining dan macam diet yang berhubungan dengan tubuh atau badan. Tapi, tahukah emak, kalau ada diet yang tidak berhubungan kenaikan berat badan? Diet kantong plastik, pernah dengar? Diet Kantong Plastik, Apakah itu? Maks, sedang menjalankan diet apa saat ini? Kalau saya, karena…

Life Style / Lingkungan By On September 24, 2017

Zero Waste, Gaya Hidup Masa Kini yang Peduli Lingkungan

Pernahkah kita  membayangkan, seberapa banyak sampah yang kita hasilkan selama hidup di dunia? Atau setidaknya lima tahun terakhir, jika selama hidup dirasa cukup lama.  Masih lama juga? Ya udah setahun terakhir deh. Kali ini,  please, jangan ditawar lagi. Harga pas-nya cek inbox. *eh. Coba diingat-ingat,  sudah berapa banyak botol air mineral,  body lotion, parfum, shampo, sabun cair, atau  pasta gigi yang…

Life Style By On September 4, 2017

Eman Segone! Habiskan Makananmu

ditulis oleh Siti Hairul Dayah – http://www.catatansiemak.com “Kok dibuang?” tanya sibapak. Wajahnya ga enak banget. Sebagai orang yang sudah berbagi bantal selama 14 tahun bisa dibilang saya hafal raut wajah Si Bapak. Lebih banyak senyum meski pun jarang ngomong, tapi bersuara kalau ketemu yang ga pas. Salah satunya, saat saya membuang makanan sisa. Sebenarnya, saya sedih banget kalau harus membuang makanan…

Inspirasi / Life Style / Tips By On September 21, 2016

Bayar Utang Sebelum Ditagih

Siapa di antara kita yang tidak punya atau tidak pernah berutang? Dan siapa yang suka susah bayar utang? Hm, rasanya hampir-hampir tidak ada orang di dunia ini yang tidak pernah berutang. Entah itu berutang karena memang sedang butuh atau karena kebiasaan. Ops, kebiasaan? Yah, tidak semua orang yang berutang dikarenakan memang sedang susah atau butuh. Ada beberapa orang yang berutang…

Inspirasi / Life Style / Tips By On April 24, 2016

Mengenal Fiksi Fantasi

Harry Potter sudah tidak tahan lagi menghabiskan sisa musim panas bersama keluarga Dursley, ia ingin segera kembali ke Sekolah Sihir Hogwarts. Sepertinya banyak yang mengenali asal cerita ini dari buku apa. Yap! Serial Harry Potter! Nah, kita kenalan dulu dengan genre yang satu ini ya. Apa sih kriteria FIKSI FANTASI itu? Fantasi adalah kisah-kisah khayalan, imajinatif dan ajaib. Bisa bercerita tentang…

KEB Events / Kesehatan / Reportase Emak / Sponsored Post By On April 11, 2016

Alergi Pada Anak : Kenali, Konsultasikan, Kendalikan

  Alergi adalah masalah kesehatan yang sangat umum terjadi pada manusia. Perubahan pola kehidupan masyarakat modern membuat angka kejadian penyakit alergi semakin meningkat dari tahun ke tahun, terutama kasus alergi pada anak. Risiko alergi yang meningkat ternyata belum diikuti dengan meningkatnya kesadaran dan pemahaman orangtua dalam menangani alergi pada anak. Banyak ibu yang anaknya terkena alergi hanya memberikan penanganan seadanya berdasarkan informasi yang…

Curhat & Sharing By On August 22, 2014

Makanan Sehat Bagi Jiwa dan Raga

Akhir-akhir ini aku banyak menerima berita duka, baik dari keluarga maupun teman. Tidak sampai dua minggu sudah ada 10 berita duka. Mulai dari adik ipar papa mertua, kakakku, papa dari kakak ipar, papa teman suami, teman suami, teman adik ipar dan 4 lagi orangtua temanku. Rasanya heran sekali, kok bisa sih banyak yang meninggal dalam waktu yang berdekatan? Saat kutulis…

Komunitas / Reportase Emak By On May 24, 2013

ASEAN Blogger Festival 2013 Day 2 and 3

Laporan dari Mak Alaika Abdullah, Srikandi Blogger 2013 Semangat sore emak-emak cantik dan sahabats emak semua. Semoga tetap dalam keadaan sehat dan semangat pagi walau saat membaca postingan ini sahabat sedang berada pada zona waktu lainnya yach! 🙂 Well, postingan ini adalah lanjutan dari postingan ini dan ini, yang telah dirilis oleh Mak Lusiana, tentang acara keren bertajuk Asean Blogger…

Cerpen By On July 17, 2012

Terbang Bersama Angin

Eyang Harti, demikian ia menyebut neneknya. Wanita itu adalah ibu dari mamanya. Ciri khasnya dia kentara sekali. Senantiasa mengenakan kebaya dan kain dalam kesehariannya. Usianya sekitar tujuh puluh empat tahun. Ia berpandangan kolot. Segala sesuatu diukur  dari jamannya seolah jaman sekarang sama dengan jamannya dulu. Tak heran, jika cara mendidiknya menyiratkan pola pikirnya. Sejak bayi Syahla diasuh olehnya.  Dan kakek…