Browsing Articles Written by

Efi Fitriyyah

Film Review / Review Emak By On January 17, 2019

Review Film Replicas: Keluarga, Harta yang Paling Berharga

Kalau Indonesia punya Abah dan Euis dalam film Keluarga Cemara, Hollywood punya tema film yang mirip-mirip. Ada Mas Nunu alias Keanu Reeves yang  main di film Replicas. Film yang gress di awal tahun 2019 ini dan masih wara wiri di layar bioskop.  Sudah nonton belum, Mak? Diceritakan karakter WiIl Foster yang dimainkan oleh Mas Nunu (Keanu Reeves) ini adalah seorang…

Film Review / Review Emak By On November 27, 2018

Film Bernapas dalam Kubur

Film Bernapas dalam Kubur – “Bang, satenya, bang… 100 tusuk” Hantu perempuan berbaju putih yang suka iseng mengganggu orang adalah model paling pakem (halah, pakem) macam Suzzanna di film-film jadul tahun 80an. Dibanding film-film luar, Let’sSsay Freddy Kruegger, Friday 13th, The Omen dan deretan film hantu lainnya, film hantu versi lokal lebih intimidatif buat saya. Kalau udah nonton, perlu waktu…

Film Review / Review Emak By On October 3, 2018

Belok Kanan Barcelona: Memburu Kesempatan Menyatakan Cinta

Kisah cinta segibanyak (maksudnya bukan cuma melibatkan 3 orang saja) sebenarnya kisah klasik, klise. Tapi jalinan cerita di dalamnya selalu nggak ngebosenin buat diangkat. Setidaknya  film Belok Kanan Barcelona yang diadaptasi dari versi novel naik  ke layar adalah buktinya. Apalagi cast yang terlibat lumayan menjanjikan. Ada Morgan Oey yang memerankan Francis, adalah tipikal  aktor pria yang udah sering maen di…

Film Review / Review Emak By On September 28, 2018

Review Film Searching: Yakin, Sudah Mengenal Siapa Anak Kita?

“I know my daughter” Berkali-kali kalimat ini muncul di trailer film Searching. David Kim (John Cho) yang frustasi ketika ia tidak berhasil menemukan  putrinya Margot (Michelle La) yang tiba-tiba menghilang.  Ternyata David sebenarnya tidak benar-benar mengenal putrinya seperti yang ia duga. Kurang lebih seperti itu gambaran cerita film Searching yang saya tonton beberapa waktu lalu. Film Searching Versi Saya Ketika  masih…

Film Review / Review Emak By On August 28, 2018

Film Kafir: Di Balik Motif Teror Ghaib

Setelah menonton film Kafir (2018), saya jadi kepoin lagi apa sih bedanya makna kafir dan musyrik. Gampangnya nih, kafir adalah sebutan bagi orang yang tidak mempercayai atau menolak ajaran Islam seperti kewajiban salat, puasa, zakat dan haji. Sedangkan, musyrik itu bisa saja orangnya beragama Islam tapi masih melakukan ritual syirik, seperti datang ke dukun misalnya. Dari beberapa referensi yang saya…

Film Review / Review Emak By On March 27, 2018

Love for Sale, Film Review

Love for Sale Review – Jadi jomblo? Ujian terbesar biasanya ga jauh-jauh dari lingkaran terdekat, teman-teman sendiri. Apalagi kalau udah memasuki usia kepala 4 seperti yang dialami Richard (Gading Marten), bos sebuah perusahaan percetakan. Walau sering jalan bareng termasuk nonton pertandingan bola bareng ganknya, Richard harus pasrah dengan nasibnya sebagai objek penderita. Sampai akhirnya ketika salah satu dari anggota rombongan…

Film Review / Review Emak By On January 17, 2018

Review Film Along With The Gods

Maks,   pernah ngebayangin nggak gimana akhir hidup kita dan menghadapi pengadilan akhirat nanti?  Serem, deg-degan tapi pasti bakal kita alami.  Sooner or later.  Sebagai seorang muslim saya percaya kebaikan atau keburukan sekecil apapun bakal ada balasannya. Nggak ada satu pun yang terlewat buat diperhitungkan.  Nah, setelah nonton film Along With The Gods  lalu saya jadi mikir gini,  orang  yang baiknya…

Sponsored Post By On June 3, 2017

Tips Hemat di Bulan Ramadhan

Saat bulan Ramadhan, belanja bulanan khususnya untuk pos makanan, berkurang. Kan, hanya dua kali dalam sehari, saat sahur dan buka puasa. Kenyataannya? Anggaran belanja bulanan di bulan puasa banyak mengalami kebobolan. Kok bisa ya? Harusnya bisa Hemat di Bulan Ramadhan. Selain menghadapi hantu inflasi yang gentayangan di bulan puasa ini, menahan nafsu belanja jadi PR besar buat para emak. Salah…

Sponsored Post By On April 3, 2017

Tips Hemat di Bulan Ramadhan

Saat bulan Ramadhan, belanja bulanan khususnya untuk pos makanan, berkurang. Kan, hanya dua kali dalam sehari, saat sahur dan buka puasa. Kenyataannya? Anggaran belanja bulanan di bulan puasa banyak mengalami kebobolan. Kok bisa ya? Harusnya bisa Hemat di Bulan Ramadhan. Selain menghadapi hantu inflasi yang gentayangan di bulan puasa ini, menahan nafsu belanja jadi PR besar buat para emak. Salah…

Book Review / Review Emak By On March 31, 2017

Review Buku: Pulang – Karena Mereka yang Pergi Pasti Kembali

Sejak lahir, saya cuma bisa mengenal kakek dari mama saja, sementara dari  Apa (sebutan saya untuk bapak) sudah lama meninggal jauh sebelum saya lahir. Kadang saya suka envy kalau lihat teman yang dekat dengan kakeknya yang suka jalan bareng atau menemani pergi ke mana gitu. Tapi kondisi semua orang kan ga sama, ya. Almarhum kakek saya dari mama itu  seorang…

KumpulanEmakBlogger / Reportase Emak By On March 23, 2017

Literasi Media bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Jika berbicara  tentang media dan literasi media,  televisi dan internet adalah dua hal yang paling akrab dalam keseharian kita.  Selain itu,  tentu saja masih ada radio dan koran. Walaupun sepertinya sudah berkurang sekali interaksi terhadap dua media ini. Yang bikin saya surprise ketika menghadiri workshop  Literasi Media bersama Kementrian Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan anak (KPP-PA) pada tanggal 13-14 Maret 2017…

Film Review / KumpulanEmakBlogger / Life Style / Review Emak By On March 15, 2017

Review Film Kong Skull Island: Ekspedisi Ke Pulau Purbakala

Waktu trailer film ini tayang, saya ga begitu memperhatikannya. Ga kepikiran juga buat mencari tahu apakah film Kong Skull Island ini merupakan film remake, reboot atau sequel. Hanya obrolan sedikit dengan seeorang teman soal rencana film yang ditonton, akhirnya saya masukin ke list nonton.  Bisa dibilang gambling sih, karena akan terasa menyiksa jika menghabiskan waktu sekitar 2 jam nonton eh…