Parenting

inspirasi dan sharing tentang parenting buat ibu-ibu muda Indonesia

Inspirasi / Parenting By On May 20, 2020

5 Bukti Kasih Sayang Ayah, Nggak Kalah dari Emak

Dari sudut pandang yang bisa dilihat oleh seorang anak, peran ibu lebih dominan daripada ayah. Bener enggak tuh, Mak? Tapi, apakah ini berarti kasih sayang ayah itu tak sebanyak kasih sayang ibu, alias Emak? Coba deh, kita renungkan yuk. Ayah–menurut gambaran kita–adalah sosok yang sering menghabiskan waktu dengan bekerja, bekerja dan bekerja tanpa menoleh kepada sang anak yang sedang membutuhkan…

Parenting / Tips By On May 13, 2020

Sabar Menunggu Buka Puasa

“Kapan buka puasa?” Sering ditanya dengan pertanyaan demikian sama anak yang lagi diajarin puasa enggak, Mak? Well, kalau iya, coba deh ajak mereka untuk melakukan kegiatan-kegiatan ini, yang juga bisa memberi kenangan manis selama Ramadan.   Kegiatan Supaya Anak Sabar Menunggu Buka Puasa 1. Mendengarkan cerita tentang tradisi puasa Banyak tradisi puasa yang dilakukan oleh masyarakat di dalam dan di…

Parenting / Tips By On May 6, 2020

Ajak Anak Puasa Tanpa Paksaan, Yuk!

Bulan Ramadan sudah tiba! Jadi, apakah tahun ini menjadi tahun pertama anak puasa, Mak? Ada sedikit cerita nih. Sebut saja Mawar Mona, seorang ibu muda, punya jagoan bernama Abi yang tahun ini sudah berusia sembilan tahun. Bagi Mona, sedini mungkin anak diajari berpuasa akan lebih baik. Menurut logikanya, kalau anak sudah terbiasa puasa sejak kecil, gedenya nanti nggak akan merasa berat…

Inspirasi / Parenting By On April 29, 2020

Smart Parenting: 9 Aturan Parenting di Era Digital

Anak saya yang nomor dua, berusia 15 tahun dan bersekolah di SMK, bikin pusing kepala. Tiada hari tanpa marah-marah karena berat badannya tidak turun-turun, padahal dia sudah diet – tidak makan nasi, hanya buah dan sayuran – dan sudah berolahraga via Youtube. Anak remaja kok sudah “mati-matian” diet sih, pernyataan itu terlontar karena kesal menghadapi sikap uring-uringannya. Apalagi badannya enggak…

Parenting / Tips By On April 15, 2020

Belajar di Rumah, Sekalian Ajak Si Kecil Terlibat dalam Pekerjaan Domestik

Sebulan lebih sudah, kita menerapkan physical distancing ya, Mak? Selain orang tua yang bekerja dari rumah, anak-anak pun juga belajar dari rumah. Kesempatan ini, selain bisa dimanfaatkan agar antar anggota keluarga semakin dekat, juga jadi kesempatan untuk melibatkan anak-anak dalam pekerjaan domestik di rumah lo! Yes, jadi enggak cuma belajar materi seperti halnya di sekolah, ajarkan juga berbagai keterampilan hidup…

Parenting / Tips By On April 8, 2020

Jaga Kesehatan Keluarga dengan Wujudkan Rumah yang Sehat

Emak, sebagai seorang perempuan sekaligus emaknya anak-anak, kita nggak hanya dituntut untuk bisa merawat diri saja. Tapi juga harus bisa menjadi pengawal kesehatan keluarga. Apalagi di masa-masa seperti sekarang ini ya. Kesehatan tiba-tiba menjadi hal yang sangat mahal. Salah satu aspek yang harus benar-benar kita perhatikan sekarang ini adalah soal kebersihan rumah. Penting banget nih. Terlebih lagi jika Emak sudah…