Parenting

inspirasi dan sharing tentang parenting buat ibu-ibu muda Indonesia

Parenting By On August 30, 2019

9 Keterampilan Hidup Dasar Ini Wajib Dipelajari Oleh Anak-anak Sejak Dini

“Eh, kak jangan pegang pisaunya, biar saja Mama yang kerjain.” Hayo Emaks, pada familiar nggak dengan kalimat gitu? Saya pernah beberapa kali mengucapkannya karena nggak pengin sesi masak jadi lama, juga takut nantinya jari si kakak bisa luka. Padahal, sebenarnya itu nggak masalah, kita saja yang terlalu parno. Hal ini sudah umum terjadi di orang tua. Kadang kala, kegiatan kecil…

Parenting By On August 28, 2019

Children Leadership – Perlukah dan Sedini Apa?

Kemampuan leadership merupakan salah satu kemampuan soft skill yang harus ditanamkan pada si buah hati sedini mungkin. Kebiasaan-kebiasaan lahir sejak kita bahkan masih ada di perut ibu, baik itu kebiasaan buruk maupun kebiasaan baik. Dengan menanamkan kemampuan children leadership sejak dini, maka soft skill ini akan menjadi “kebiasaan” untuknya, yang nantinya akan sangat berguna ketika dia menjalani hidup yang sebenarnya….

Parenting / Tips By On July 10, 2019

Yuk, Ajari Anak Belajar Menabung sejak Dini!

Si kecil mulai mengerti nilai uang, Mak? Mulai menyadari bahwa dengan uang, dia bisa membeli mainan yang dia mau, jepit rambut yang dia suka, gantungan kunci yang lucu-lucu? Kalau iya, kayaknya inilah saatnya di mulai belajar menabung. Belajar menabung dari siapa? Dari Emak dong, pastinya! Menabung merupakan kebiasaan yang harus dimulai sejak dini. Adalah tugas orang tua untuk bisa menggerakkan…

Parenting / Tips By On June 25, 2019

25 Kegiatan Pengisi Liburan Sekolah yang Seru dan Asyik Meski Tak Keluar Kota

Liburan sekolah sudah tiba! Selain kita pasti senang ya, Mak, karena bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama-sama di rumah, tapi ada bingungnya juga. Mau pergi keluar kota kok ya lagi nggak memungkinkan. Biasanya sih karena Emak atau bapaknya anak-anak yang nggak bisa cuti lama-lama, hingga akhirnya harus berlibur di rumah saja. Jadi satu-satunya cara menikmati liburan sekolah ya hanya puter-puter aja…

Inspirasi / Parenting By On February 26, 2019

Pentingnya Growth Mindset untuk Melatih Anak Tidak Mudah Minder dan Punya Daya Juang

Agar anak berkembang menjadi anak yang mandiri, tahan uji, tidak takut gagal, punya daya lenting terhadap kegagalan dan memiliki kemampuan untuk berhasil mengatasi segala masalah, orang tua disarankan untuk menerapkan growth mindset untuk anak sebagai bekalnya di masa depan.   Apa itu Growth Mindset? Growth Mindset adalah suatu mindset atau pola pikir yang percaya bahwa potensi kecerdasan atau kemampuan seseorang…

Curhat & Sharing / Parenting By On January 16, 2019

Menjadi Orang Tua Hebat untuk Anak Usia Dini

Sebelum membaca lebih lengkap dan jelas, sekadar mengingatkan kalau tulisan ini berupa sharing hasil yang didapat saat mengikuti Camping Sahabat Keluarga yang diadakan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun lalu. Dalam event tersebut, disharing bagaimana menjadi orang tua hebat untuk anak usia dini, dan keterlibatan keluarga dalam tumbuh kembang buah hatinya. Menarikkah sharingnya? Ini cerita saya.  …