Curhat & Sharing

Cerita Anak / Curhat & Sharing / Inspirasi / Parenting By On August 30, 2016

Pendidikan dan Cuti Tahunan

ditulis oleh Inne Ria – www.inne.web.id ** Apa yang terlintas di benak Emaks ketika mendengar kata “pendidikan”? Apakah buku, pulpen, atau teringat guru di masa kecil?   Tentunya,  pendidikan selalu dipandang positif dan diharapkan membawa perubahan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. Teorinya sih seperti itu… Kemudian bagaimanakah dengan kenyataan dunia pendidikan kita? Bukannya pesimis,  tapi berita yang berseliweran di beragam media…

Curhat & Sharing / Inspirasi / Life Style / Parenting / Tips By On August 27, 2016

Belajar Menjadi Tidak Sempurna

ditulis oleh Noni Rosliyani – www.nonirosliyani.com ** Saya adalah orang yang perfeksionis. Saya menginginkan segala sesuatu berjalan sempurna. Saya tidak suka pada ketidakpastian, jadi dari bangun tidur saya selalu merencanakan dengan jelas apa yang akan saya lakukan seharian ini. Untuk hal traveling, bisa ditebaklah.. saya bukan tipikal spontaneous traveller. Sebelum berangkat, itinerary detil setiap harinya pasti sudah lengkap. Termasuk dalam…

Curhat & Sharing / Inspirasi / Life Style / Parenting By On August 10, 2016

Ketika Jam Belajar merenggut Kebebasan Bermain Siswa

Ketika Jam Belajar merenggut Kebebasan Bermain Siswa. Tiba-tiba saja saya menyulap diri menjadi pengamat pendidikan ketika mendengar rumor bahwa Pak Mendikbud, Muhadjir Effendy, yang belum sebulan dilantik oleh Presiden Jokowi mengeluarkan ide sistem Full Day School untuk pendidikan dasar dan menengah. Perkara pendidikan sejatinya saya tak mau ambil pusing. Apalah saya, Guru bukan. Anak juga belum ada. Mengapa saya harus…

Curhat & Sharing / Inspirasi / Life Style By On August 7, 2016

Menikmati Keterbatasan

Ada banyak kata yang ingin diutarakan. Ada banyak pikir yang ingin diungkapkan. Ada banyak hal yang ingin dikerjakan. Ada banyak  mimpi yang ingin diwujudkan. Ada banyak sekali dalam hati dan otak ini untuk dikeluarkan. Tapi nyatanya, nggak semua bisa kita lakukan. Kalau kata anak muda sekarang, “Ekspektasi nggak sesuai sama realita. That’s life!” Hooo… yagitu, deh. Sebagai seorang manusia normal,…

Curhat & Sharing / Parenting By On July 18, 2016

Mengantar Anak Sekolah? Keren!

Dear Emaks, tahukah kalau Rusia, Cina, Jerman, India, Selandia Baru dan Jepang memiliki tradisi khusus saat Hari Pertama Sekolah.     Di Rusia, hari pertama sekolah disebut sebagai hari pengetahuan. Sekolah mengadakan upacara penyambutan khusus untuk para murid baru beserta keluarganya. Anak-anak akan memakai baju yang terbagus miliknya dan membawa bunga untuk guru mereka. Di hari pertama ini, anak-anak mengikuti tradisi lonceng…

Curhat & Sharing / Life Style / Parenting / Tips By On March 25, 2016

Menghindari Keributan Kecil di Pagi Hari

Pagi hari adalah saat-saat tersibuk bagi para Mama, terutama yang sudah mempunyai anak usia sekolah. Pastinya rempong banget deh. Iya kan, Mak? “Wah sudah jam setengah tujuh! Gimana nih masakanku belum kelar.” “Ayo bangun! Ntar terlambat lho masuk sekolahnya!” “Aduh sudah siang, aku telat bangun! Nggak sempet deh masak nasi.” “Ya ampun, aku belum setrika baju seragam anak-anak!” Pernah nggak…

Curhat & Sharing / Parenting / Tips By On September 22, 2015

Memahami Karakter Anak

“Kok bisa jelek nilainya. Nggak belajar, ya? Tuh, lihat si Dito, nilai ulangan matematikanya selalu dapat bagus.” “Iya, Dito kan pinter matematika. Aku kan lebih suka pelajaran menggambar.” Pernah nggak sih kita sebagai orang tua marah-marah gara-gara nilai ulangan anak kita jelek, sementara teman-temannya bagus? Jujur saja, aku kerapkali masih sering membandingkan anak-anak dengan teman-temannya. Padahal mestinya tidak boleh ya,…

Curhat & Sharing By On June 13, 2015

Inikah yang Disebut Becanda?

Malam-malam begini masih sibuk di kantor? Udah jangan terlalu capek bekerja. Mendingan capeknya dihabiskan di….. Ketika seorang istri menulis SMS seperti itu kepada suaminya, mungkin akan terkesan romantis. Kata-kata akhir yang hanya berupa titik-titik bikin kita menebak-nebak maksudnya apa, nih? *mungkin sambil senyum-senyum juga nebaknya :)* Tapi, bagaimana kalau SMS tersebut datang dari seorang perempuan ditujukan untuk laki-laki beristri? Dan, yang saat…

Curhat & Sharing / Kuliner / Life Style By On April 18, 2015

Aneka Resep Olahan Roti Tawar

Pagi-pagi biasanya ada abang jualan roti keliling lewat di depan rumah. Biasanya yang paling sering kubeli adalah roti tawar. Sekarang aku mau berbagi aneka resep olahan roti tawar. Ada tiga macam roti tawar yang dibawa si abang penjual roti yaitu tawar kentang, tawar dengan kulit, tawar tanpa kulit. Tawar kentang biasanya dimakan langsung sudah enak rasanya. Tawar yang ada kulitnya…

Curhat & Sharing / Life Style / Parenting By On March 19, 2015

Berkeluarga dengan Pembantu Rumah Tangga

Bagi sebagian emak, berkeluarga dengan pembantu rumah tangga itu tidak mudah. Saya pun demikian bukan berarti tidak bisa dikompromikan. Setiap siang, di rumah saya ada pemandangan yang sering jadi pertanyaan banyak orang. Yaitu, balita saya dan pengasuhnya (sekaligus pembantu rumah tangga), tidur siang bersama di kasur yang sama. Pertanyaan beragam, dari mulai kok bisa pembantu rumah tangga punya jadwal tidur…

Curhat & Sharing By On March 5, 2015

Kebiasaan Menunda

Manusia kadang suka malas dan punya kebiasaan menunda mengerjakan apa yang seharusnya bisa dikerjakan hari ini. Betul nggak? Contoh saja, siang itu, anakku yang cowok sibuk mengerjakan tugas membuat kliping. Sebelum membuat kliping, dia tanya padaku. “Ma, ada tugas membuat kliping, menjilidkannya nanti malam atau besok pagi saja?” “Nanti malam saja, kalau tempat fotocopy besok pagi tutup, malah tugasnya nanti…